RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah
:
...................................
Mata Pelajaran
:
...................................
Kelas, Semester
:
...................................
Standar Kompetensi :
...................................
Kompetensi Dasar : ...................................
Indikator : ...................................
Alokasi Waktu
: ..... x ... menit (…
pertemuan
B. Tujuan Pembelajaran
C. Materi Pembelajaran
D. Metode Pembelajaran
E. Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan 1
§
Kegiatan Awal
§
Kegiatan Inti
§
Kegiatan Penutup
Pertemuan 2
§
Kegiatan Awal
§
Kegiatan Inti
§
Kegiatan Penutup
Pertemuan 3. dst
F. Sumber Belajar
G. Penilaian : soal , kunci jawaban, penskoran
Mengetahui
Kepala Sekolah..................., Guru Mata Pelajaran,
.................................. ............................
NIP. NIP.
Keterangan :
Tujuan
pembelajaran :
-
SK : Dari SI
-
KD : Dari SI
-
Indikator
: Kata kerja operasional/teramati.Satu
-
KD
dikembangkan minimal menjadi
-
tiga indikator, diurutkan dari
yang
-
mudah
ke yang paling sulit.
-
Mengembangkan
aspek pengetahuan,
-
sikap,
dan keterampilan.
- Tujuan
pembelajaran : Labih rinci dari indikator. Jumlah
tujuan pembelajaran minimal sama
denganm indikator, dapat melebihi
jumla
indikator.
Materi : Lingkup materi yang
dibutuhkan untuk mencapai KD (materi
prasayarat dan materi utama ).
Metode Pembelajaran :
a. Pendekatan yang digunakan, misalnya :
-
Pendekatan proses
-
Kontekstual
-
Pembelajaran
langsung
-
Pemecahan masalah
-
Dsb.
b.Metode yang digunakan :
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Demonstrasi
-
Simulasi
-
Dsb.
c.Model yang digunakan :
- Examples non examples
- Picture and picture
-
Cooperatives scripts
- Jigsaw
- Artikulasi
- Dsb.
Kegiatan Pembelajaran :
a.
Pendahuluan
:
-
Orientasi : Memusatkan
perhatian pada materi
-
Apersepsi : Memberikan
persepsi awal terhadap materi
-
Pemberian acuan : Penjelasan
materi secara global
-
Pembagian kelompok dan mekanisme pembelajaran
(Tuliskan aktivitasnya)
b. kegiatan Inti : Langkah-langkah sistematis
pembelajaran
-
Eksplorasi :
Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media dan sumber belajar.
Adanya interaksi antar siswa ,
dengan guru, dengan kelompok
Peserta didik aktif.
Melakukan percobaan, praktik, simulasi dll.
-
Elaborasi :
Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis
Pemberian tugas, diskusi dll.
Membiasakan peserta
didik berfikir, menganalisis, menyelasaikan masalah.
Belajar kooperatif,
kolaboratif
Berkompetisi secara
sehat
Membiasakan membuat
laporan lisan maupun tertulis
Menyajikan hasil
karya, turnament, dll.
Memberikan kegiatan
yang menumbuhkan rasa percaya diri dan kebangaan.
- Konfirmasi :
Guru memberi umpan balik dan penguatan
Guru memberi
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik.
Peserta didik
melakukan refleksi
Peserta didik memperoleh
pengalaman bermakna dalam
mencapai KD dengan :
Guru sebagai narasumber dan fasilitator
Guru membantu memecahkan masalah siswa
Guru memberi acuan
Guru memberi informasi lebih jauh
Guru memberi motivasi
c. Kegiatan penutup :
-
Membuat rangkuman
-
Memeriksa hasil belajar
-
Mengulang simpulan
-
Memberi arahan tindak lanjut
Sumber belajar : Seluruh
sumber belajar yang dibutuhkan ( Buku teks,
kamus, koran, encyclopedia, materi kuliah dll.)
Penilaian : Soal ulangan, kunci jawaban, penskoran
Langkah-langkah pembuatan soal, kunci jawaban, dan penskoran
1.
Membuat kisi-kisi sebagai pedoman pembuatan soal
2.
Indikator soal dalam kisi-kisi dapat diambil dari
indikator pencapaian kompetensi, atau dibuatkan indikator soal.
3.
Indikator harus menggunakan kata kerja operasional
(teramati).
4.
Indikator harus dapat dibuatkan soalnya.
5.
Membuat kartu soal.
6.
Soal yang ada di kartu soal dianalisis secara kualitatif
dengan mengacu pada kaidah penulisan soal.
7.
Membuat kunci jawaban
8.
Membuat penskoran :
-
Objective tes : Benar mendapat 1, salah mendapat 0
Skor yang didapat
Nilai akhir = Skor maksimal X 100
- Tes
uraian
: Paling lengkap mendapat 3, cukup lengkap
mendapat 2, kurang
lengkap mendapat 1, dan
tidak menjawab
mendapat 0.
Skor yang didapat
Nilai akhir = Skor maksimal X 100
-
Tes keterampilan berbahasa seperti berbicara dan
menulis :
Menggunakan rentang nilai
Tentukan aspek yang akan dinilai.
Contoh: Ceritakan apa yang diketahui tentang Bali
dalam
bentuk descriptive !
Aspek yang dinilai : Skor:
Fluency 1 2
3 4
Pronunciation 1
2 3 4
Diction
1 2 3
4
Structure 1
2 3 4
Content 1
2 3 4
Keterangan : 4 = baik sekali, 3 = baik, 2 = cukup, dan
1 = kurang.
Skor yang
didapat
Nilai akhir = Skor maksimal X 100
Tuliskan karangan sederhana tentang liburan
dalam
bentuk narrative !
Aspek yang dinilai : Skor:
Punctuation 1
2 3 4
Koherence 1
2 3 4
Structure
1 2 3
4
Content 1
2 3 4
Keterangan : 4 = sekali, 3 =
baik, 2 = cukup, dan 1 =
kurang.
Skor yang
didapat
Nilai akhir = Skor maksimal X 100
No comments:
Post a Comment